Optimis ! Keterbukaan Informasi Publik Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh Jadi Yang Terbaik

Optimis ! Keterbukaan Informasi Publik Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh Jadi Yang Terbaik

Padang — Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Sago Kota Payakumbuh merupakan salah satu dari 30 badan publik yang masuk dalam Monitoring Keterbukaan Informasi Publik yang dilakukan Oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan yang akan berakhir pada tanggal 26 November 2021 tersebut telah berhasil dilewati oleh Perumda Tirta Sago dengan lancar dan sukses.

Tepat hari ini, Rabu (24/11), Perumda Tirta Sago paparkan presentasi atas program-program unggulan yang telah berjalan dihadapan para juri penilai, baik itu dari juri Komisioner KI Sumbar maupun tim juri dari pihak luar yang berasal dari pegiat dan akademisi.

Masuk dalam kategori BUMD, Perumda Tirta Sago yang dinahkodai oleh Khairul Ikhwan selaku Direktur Utama dihadapan para tim juri menjelaskan bahwa Perumda Tirta Sago telah melaksanakan kegiatan keterbukaan informasi publik dari jauh hari sebelum ia menjabat.

Khairul memaparkan jika layanan informasi publik Perumda Tirta Sago Kota Payakumbuh berjalan berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang menyediakan Daftar Informasi Publik (DIP).

“Melalui PPID Perumda air minum tirta sago kota payakumbuh, semua kegiatan publikasi informasi dapat disampaikan ke seluruh pelanggan, yang selanjutnya akan tersusun sebagai DIP secara otomatis,” ungkap direktur tersebut.

Dalam memanjakan pelanggannya, Perumda Air Minum Tirta Sago Kota Payakumbuh tidak perlu lagi untuk datang langsung ke kantor pelayanan dalam kebutuhan akan akses airnya. Dengan di dukung atas perkembangan teknologi saat ini, Perumda Tirta Sago telah menyediakan layanan untuk konsumennya akan kebutuhan pelaporan terhadap gangguan air minum yang di gunakan oleh pelanggan.

Khairul menyampaikan jika dahulunya pelanggan harus datang ke kantor pamtigo untuk menyampaikan laporannya, saat ini pelanggan sudah bisa melaporkan melalui pesan via media sosial WhatsApp dan Instagram (instagram.com/tirtasago atau facebook.com/tirtasago), serta juga melalui email perumda.airminum@tirtasago.co.id dan juga web ppid.tirtasago.co.id.

“Dari sekitar 120 ribuan warga kota Payakumbuh saat ini, sudah mencapai sekitar 75 persen warga dan pelanggan dapat dengan mudahnya mengakses informasi yang di butuhkan melalui platform yang telah kami sediakan ini,” tandasnya.

Sebelum mengakhiri presentasinya, Khairul optimis untuk Perumda Tirta Sago kedepannya dapat semakin lebih maju dan baik dalam keterbukaan informasi publik terhadap seluruh warga kota Payakumbuh. Tidak lupa, direktur utama Perumda Tirta Sago kota Payakumbuh itu menutup penyampaiannya dengan pantun ;

𝘋𝘢𝘳𝘪 𝘓𝘪𝘮𝘣𝘶𝘬𝘢𝘯 𝘴𝘪𝘯𝘨𝘨𝘢𝘩 𝘥𝘪 𝘓𝘢𝘮𝘱𝘰𝘴𝘪,
𝘉𝘦𝘭𝘪 𝘬𝘦𝘵𝘢𝘯 𝘫𝘶𝘨𝘢 𝘯𝘢𝘴𝘪,
𝘉𝘦𝘳𝘣𝘦𝘯𝘢𝘩 𝘥𝘪𝘳𝘪 𝘶𝘵𝘬 𝘒𝘦𝘵𝘦𝘳𝘣𝘶𝘬𝘢𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘧𝘰𝘳𝘮𝘢𝘴𝘪,
𝘔𝘦𝘮𝘱𝘦𝘳𝘩𝘢𝘵𝘪𝘬𝘢𝘯 𝘬𝘰𝘮𝘪𝘵𝘮𝘦𝘯, 𝘬𝘰𝘰𝘳𝘥𝘪𝘯𝘢𝘴𝘪 𝘥𝘢𝘯 𝘪𝘯𝘰𝘷𝘢𝘴𝘪..

𝘒𝘰𝘮𝘪𝘴𝘪 𝘐𝘯𝘧𝘰𝘳𝘮𝘢𝘴𝘪 𝘥𝘪𝘴𝘪𝘯𝘨𝘬𝘢𝘵 𝘒𝘐,
𝘒𝘪𝘯𝘦𝘳𝘫𝘢 𝘵𝘪𝘯𝘨𝘨𝘪 𝘱𝘦𝘥𝘶𝘭𝘪 𝘱𝘶𝘣𝘭𝘪𝘬,
𝘉𝘦𝘳𝘩𝘢𝘳𝘢𝘱 𝘯𝘰𝘮𝘪𝘯𝘢𝘴𝘪 𝘵𝘦𝘳𝘵𝘪𝘯𝘨𝘨𝘪 𝘥𝘢𝘳𝘪 𝘒𝘐,
𝘋𝘦𝘮𝘪 𝘒𝘦𝘵𝘦𝘳𝘣𝘶𝘬𝘢𝘢𝘯 𝘐𝘯𝘧𝘰𝘳𝘮𝘢𝘴𝘪 𝘵𝘶𝘬 𝘗𝘶𝘣𝘭𝘪𝘬..

Sambil diapresiasi oleh para tim juri atas pemapaparannya, Khairul Ikhwan yakin akan membawa Perumda Tirta Sago ke puncak tertinggi dalam penghargaan terhadap Keterbukaan Informasi Publik yang dilaksanakan oleh KI Provinsi Sumatra Barat.

Dalam penyampaian Komitmen, Kolaborasi dan Inovasi Keterbukaan Informasi Publik yang berlangsung di kantor KI Provinsi Sumatra Barat itu, Perumda Tirta Sago bersama SMAN 2 wakili kota Payakumbuh di ajang tingkat Provinsi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.